-->

Ebtsoft, Situs Aneka Software Bermanfaat Buatan Putra Gunungkidul


Suara Gajah Mada – Perawakannya kecil dengan kacamata khasnya. Redaksi Suara Gajah Mada pernah beberapa kali bertemu dengannya. Nama lengkapnya Ebta Setiawan, merupakan alumni SMA N 1 Wonosari dan UGM. Kecerdikan dan komitmennya untuk berbagi ilmu yang dimiliki membuatnya Mas Ebta memutuskan membuat sebuah website.

Tampilan Web Ebtasoft 


Awalnya, ia berhasil membuat beberapa aplikasi yang sangat bermanfaat sehingga diminati banyak orang. Setiap ada yang meninginkan dikirmi melalui email. Tetapi semakin lama, semakin banyak orang yang minta sehingga ia pun kewalahan. Akhirnya Mas Ebta membuat satu situs sebagai tempat berbagai beragam aplikasi yang bisa diunduh secara gratis.


Melalui www.ebsoft.web.id beragam yang sangat berguna ditampilkan dan bisa diunduh. Beberapa aplikasi tersebut, dan yang paling banyak diminati ialah:

§  Program pengingat sholat, Shollu

§  KBBI Offline berupa kamus Bahasa Indonesia
§  Arabic Pad untuk menulis Arab di windows non arabic
§  Al-Asma, kamus nama-nama anak Islami
§  Dan software lain


Dalam sebuah wawancara dengan Hidayatullah.com, Mas Ebta mengungkapkan mengapa ia senang berbagi bahkan secara gratis. Sedangkan bila ia mau, bisa diuangkan dengan harga yang tidak murah.

Berikut kami kutipkan dari hidayatullah.com dengan ringkasan poin-poin pentingnya.

Anda membagi-bagikan freeware/software gratis kepada pembaca yang jika dikalkulasi bisa sangat mahal kalau mau dikomersialkan, seperti KBBI Offline, apakah Anda tidak rugi?

Insya Allah tidak rugi, apalagi berbagai sumber untuk membuat software itu sebagian besar saya dapatkan gratis dari internet juga, dan saya hanya mengolahnya menjadi software lain yang lebih bermanfaat.

Selain itu, membuat software yang sederhana, memudahkan dan mempunyai kelebihan dibanding software yang sudah ada, apalagi bisa bermanfaat bagi banyak orang, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi saya.

Dan saya juga yakin, ketika kita membantu orang lain memberikan manfaat, kita juga akan mendapatkan keuntungan, baik langsung ataupun tidak langsung dari arah yang tidak kita sangka.

Anda juga banyak membuat aplikasi Islami yang bermanfaat, apa latar belakangnya?

Termasuk salah satu azzam saya adalah dapat memberikan manfaat dengan ilmu yang saya miliki. Dengan sedikit ilmu yang saya miliki untuk membuat software/program komputer, maka saya juga ingin memanfaatkan ilmu saya itu, salah satunya dengan membuat aplikasi islami.

Ketika ditanya, berapa penghasilan dari blog, Mas Ebta menerangkan cukup untuk perawatan blog serta kebutuhan lainnya. Terima kasih Mas Ebta! [e]

Silakan kunjungi websitenya www.ebtasoft.web.id

LihatTutupKomentar