Kamis, 27 Desember 2018

Menambang Dollar ala Kampung Blogger Menowo Magelang


Suara Gaja Mada – Beberapa waktu lalu redaksi pernah menulis tentang kampung yang memanfaatkan internet untuk memberdayakan masyarakat. Ada Kampung Marketer dari Purbalingga yang digawangi Mas Novi. Ada pula Kampung Desain Kaliabu Magelang yang berhasil meningkatkan taraf hidup warga dengan membuat berbagai desain logo.

Kampung Blogger (Foto : Youtube)

Kali ini kita akan melihat aktifitas di Kampung Blogger Menowo Kedungsari Kota Magelang. Di sini banyak warga yang menekuni bisnis online sebagai sumber pendapatan. Mereka yang tekun dan beruntung, bahkan bisa bergaji melebihi anggota DPR!

Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, sebagian warga kampung Menowo bekerja di rumah mengelola bisnis online. Tidak perlu merasakan macet atau takut telat masuk kantor. Para warga cukup asyik di depan komputer mendulang dollar dari beragam peluang bisnis online.




Agung Supriyanto, seorang warga setempat melihat peluang bisnis online cukup terbuka. Ia yang bekerja di sektor swasta bertekad mempelajari bisnis online. Menurutnya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan untuk bisa berbisnis online.

Kampung Blogger sendiri awalnya mulai dirintis sekitar tahun 2008 oleh Sumbodo Malik. Ia awalnya telaten membuat blog dan menawarkan jasa review ke perusahaan-perusahaan. Dengan pendapatan awal ratusan ribu.

Dengan ketekunan, perlahan pendapatan yang ia peroleh meningkat. Ia pun lalu mengajak warga sekitar untuk belajar bersama. Ia kemudian membuat grup di media sosial dan sejak itu informasi tentang Kampung Blogger semakin tersebar luas. Banyak orang dari berbagai wilayah di Indonesia ingin belajar, ada yang melalui online ada pula yang datang ke Menowo.




Sejak 2010 perkembangan Kampung Blogger cukup pesat. Ribuan orang telah belajar di sini. Ada yang sudah paham tentang blog. Ada pula yang mulai dari nol. Biasanya orang yang ingin belajar di sini diberi pemahaman tentang ngeblog. Membangun website sehingga bisa mendatangkan banyak trafik.

Setelah itu dipersilakan apakah ma menggunakannya untuk jualan produk, adsense, paid per klik dan lainnya. Untuk meningkatkan pendapatan, rata-rata di Kampung Blogger membangun website berbahasa Inggris, karena memiliki keuntungan yang lebih besar dibanding web berbahasa Indonesia. Khususnya bagi yang ingin menggeluti adsense.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin belajar di Kampung Blogger, bisa kontak alamat berikut. Jalan Serayu Raya RW 2 Menowo, Kedungsari, Kota Magelang. [e]

Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 komentar: