Selasa, 27 November 2018

Wahyudi Anggoro, Kepala Desa yang Gigih Memberantas Riba



Suara Gajah Mada – Desa Panggungharo Sewon Bantul pelan tapi pasti semakin dikenal ke seluruh pelosok Indonesia. Selain menghadirkan beragam inovasi untuk memberdayakan masyarakat. Satu langkah yang juga cukup berani dilakukan oleh Kepala Desa Panggungharjo, Wahyu Anggoro Hadi, ialah dengan tidak memberikan ampun kepada para rentenir.



Wahyudi sempat prihatin dengan banyaknya warga yang terjerat riba. Sistem kredit dengan bunga tinggi. Bahkan dengan pola bunga berbunga. Uang pinjaman yang semula hanya beberapa ratus ribu, harus dikembalikan dalam umlah jutaan. Padahal warga desa meminjam uang bukan untuk memenuhi gaya hidup. Umumnya mereka meminjam guna mencukupi kebutuhan hidup dan biaya sekolah bagi anak-anaknya.

Wahyudi melihat persoalan tersebut harus diselesaikan dengan melibatkan potensi yang ada di desanya. Satu langkahnya dengan membentuk lembaga yang dinamakan Bank Pancasila. “Program Bank Pancasila kami ini secara khusus hadir untuk menjawab persoalan nyata masyarakat yang menjadi korban jerat rentenir. Desa harus bisa berbuat atas persoalan itu,” kata Wahyudi seperti dikutip, desalestari.com.


Bank Pancasila, berperan penting dalam menyelamatkan warga dari jeratan riba dengan tiga langkah. Pertama, dari aspek hukum. Desa memberikan dukungan secara hukum kepada para korban dalam menghadapi persoalan pidana, perdata atau penyelesaian secara adat dan musyawarah. Kedua, pengalihan. Desa menanggung beban hutang ke pihak rentenir dengan terlebih dahulu melakukan negosiasi agar memperoleh hitungan yang wajar. Ketiga, pembinaan manajemen ekonomi keluarga. Desa secara kontinyu melakukan pendampingan ekonomi keluarga kepada para korban dengan memberikan pengetahuan dalam pengelolaan keuangan.


Saat ini Bank Pancasila di Desa Panggungharjo melayani 40 kepala keluarga yang terjerat hutang. Jiak dihitung secara matematis aset yang dimiliki sudah tidak bisa lagi untuk melunasi hutang. Wahyudi berharap agar apa yang dilakukan tersebut bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lain, untuk peduli kepada kondisi warganya.

Bagi para pengambil kebijakan yang ingin belajar untuk mengentaskan masyarakat dari jerat riba dan rentenir, bisa kontak langsung dengan Desa Panggungharjo Sewon Bantul. [e]

Desa : Panggungharjo
Kecamatan : Sewon
Kabupaten : Bantul
Alamat Kantor : Jl. KH. Ali Maksum, Pelemsewu, Panggungharjo, Sewon, Bantul
Website : http://www.panggungharjo.desa.id

Sumber : http://desalestari.com, panggungharjo.desa.id

Sebelumnya
Berikutnya

Penulis:

0 komentar: