-->

Tiga Jenis Makanan dalam Al Quran, Pilihlah yang Ketiga


Makanan merupakan kebutuhan penting bagi manusia. Dalam Islam, makanan yang dikonsumsi harus halal dan toyib. Halal zatnya maupun cara memperolehnya. Jika tidak halal, maka akan memiliki dampak negatif secara jasadiyah maupun ruhiyah. Dalam hadits disebutkan, doa seseorang bisa tertolak karena di perutnya ada yang haram, yaitu makanan yang dikonsumsi.

Tiga Jenis Makanan dalam Al Quran, Pilihlah yang Ketiga
Sumber: GeraiDinar.Com

Alquran menguraikan tentang macam makanan. Dalam Surat Yasiin disebutkan tanah yang mati dihidupkan dengan  biji-bijian “Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah bumi yang mati. Kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan dari padanya biji-bijian, maka daripadanya mereka makan.” (Yasiin [36]  ayat 33)

Ini menunjukkan tanaman biji-bijian lebih mudah tumbuh. Juga menjadi prioritas untuk ditanam dengan tujuan mencegah kelaparan. Tanaman biji-bijian yang banyak disebut adalah gandum dan yang berbulir, semisal padi dan lainnya.

Ini adalah tingkatan makanan pertama, zero hunger food, makanan yang bisa digunakan untuk mencegah kelaparan (QS Al Balad [90]: 11-15).

Jenis makanan kedua adalah pure food, makanan murni. Makanan yang terpilih, di tengah fitnah makanan yang tidak mudah untuk dihindari. Makanan jenis ini benar-benar murni tidak tercampur dengan zat lain yang sebetulnya tidak layak ada dalam makanan (pewarna, perasa, pengawet, yang terbuat dari kimia atau bahan haram).


Makanan jenis ini adalah yang dipilih para ashabul kahfi. “... Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu...” (Al-Kahf [18] ayat 19)

Jenis ketiga berupa makanan surgawi atau heavenly food. Makanan ini disebutkan, kelak menjadi menu jamuan penghuni surga. “..Sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan...” (QS Muhammad [47] ayat15).

Jenis ketiga merupakan jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi. [e]

Inspirasi : GeraiDinar.Com

LihatTutupKomentar