-->

Kulon Progo Sukses Bangkitkan Jiwa Gotong Royong dengan Program Bedah Rumah


Suara Gajah Mada – Konon, jiwa gotong royong merupakan satu di antara budaya luhur bangsa Indonesia. Nanum realitasnya, kini tidak mudah menemukan perwujudan jiwa gotong-royong tersebut. Di Kabupaten Kulon Progo semangat gotong-royong tersebut mencoba dibangkitkan lagi melalui program inovatif bedah rumah. Upaya itu kini telah menampakkan hasil. Ratusan rumah tidak layak huni, direnovasi dengan sumbangan dan partisipasi dari warga masyarakat.

Sumber: www.kulonprogokab.go.id


Kegiatan bedah rumah tersebut telah berjalan selama bertahun-tahun. Setiap hari ahad, pemerintah daerah bekerjasama dengan berbagai lembaga dan masyarakat melakukan bedah rumah. Hingga kini, menurut Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, jumlah rumah yang berhasil direnovasi telah mencapai lebih dari seribu unit.


Dana berasal dari sumbangan lembaga maupun masyarakat umum. Bahkan dalam kurun waktu selama 2011-2015, biaya non APBD yang berhasil digunakan untuk bedah rumah mencapai Rp6,9 miliar. "Bedah rumah mampu menyerap dana syawada masyarakat sebesar Rp13,96 miliar," jelas Hasto, sebagaimana dikutip republika.co.id.

Dalam program bedah rumah tersebut juga melibatkan BUMD, Badan Amil Zakat, Muspika dan juga lembaga pendidikan yang berada di sekitar lokasi. Sehingga sekaligus memberikan pembelajaran kepada seluruh stakeholder untuk mau saling membantu.


Keberhasilan program bedah rumah di Kulon Progo menunjukkan jiwa gotong-royong dan kesetiakawanan sosial masyarakat masih tinggi. Tinggal bagaimana mengelola dan menggerakan mereka. Maka dibutuhkan pemimpin yang memiliki jiwa leadership yang bagus dan memiliki ketegasan. [e]


LihatTutupKomentar