-->

Cara Unik MTsN 9 Gunungkidul Tingkatkan Minat Siswa Ikuti Pesantren Ramadan Online

Rongkop - (MTsN 9 Gunungkidul) - Kegiatan pesantren ramadan sudah menjadi agenda rutin MTsN 9 Gunungkidul (Mad9G) untuk setiap tahunnya. Namun, pesantren ramadan kali ini berbeda dengan pesantren tahun-tahun yang lalu. Pesantren kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menuntut para siswa harus belajar dari rumah. Hal ini tidak menyurutkan semangat para guru untuk tetap menggelar pesantren ramadan secara online. Kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal 27 April - 13 Mei 2020 yang diikuti seluruh siswa kelas VII dan VIII.

Cara Unik MTsN 9 Gunungkidul Tingkatkan Minat Siswa Ikuti Pesantren Ramadan Online


Kepala Mad9G, Iskak Rusmadi, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan pesantren ramadan online itu untuk meningkatkan amal ibadah di Bulan Ramadan dan membiasakan amal agama dalam kehidupan sehari-hari. "Diharapkan dengan adanya kegiatan pesantren ramadan secara online, akan memudahkan para guru untuk memantau dan memotivasi ibadah para siswa di rumah," pesan Iskak.

Untuk mempermudah pemantauan para siswa, panitia pesantren ramadan yang diketuai Siti Mudrikah, membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok didampingi oleh satu guru pendamping. "Jadwal kegiatan dibagi menjadi dua, yaitu jadwal ibadah harian dan jadwal khusus," ujar Mudrikah.

Kegiatan pesantren ramadan Mad9G telah berjalan lancar dan sukses yang diakhiri dengan jadwal khusus, yaitu pembuatan poster Marhaban Yaa Ramadan dan video ucapan Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan ini dilombakan dengan syarat dibuat story dengan hastage #AkurinduMad9G. Selain itu, bagi siswa yang memiliki akun Instagram untuk menguploadnya nge-tag @mad9-g dengan caption Tetap Semangat Pesantren Ramadan di tengah Pandemi Covid-19. (iba/nh | diy.kemenag.go.id)
LihatTutupKomentar