-->

Cakruk Pintar, dari Tempat Membaca Hingga Menginspirasi Warga


Suara Gajah Mada – Bermula sejak tahun 2003 sebuah taman bacaan masyarakat (TBM) menempati lokasi unik berupa pos ronda (cakruk) yang lumrahnya banyak digunakan untuk nongkrong. Namun dengan adanya buku dan bahan pustaka yang tersedia melahirkan berbagai aktifitas yang mencerdaskan. Maka masyarakat sekitar kemudian memberikan julukan Cakruk Pintar.



Pada tahun 2004-2005 bernama TBM Suka Catur Tunggal, karena memang berada di Desa Catur Tunggal. Kemudian sejak 2007 berubah nama menjadi Cakruk Pintar dan bertahan hingga sekarang.


Taman Baca masyarakat (TBM) Cakruk Pintar adalah taman baca yang memadukan konsep “Cakruk” dengan “Taman Baca”. sehingga memiliki keunikan tersendiri. selain itu, TBM ini juga mempunyai kekayaan alam yang masih asri dan alami, sehingga TBM ini sangat ramah lingkungan dan masyarakat. Mengusung misi mewujudkan masyarakat gemar membaca, terampil, kreatif, mandiri, unggul dalam prestasi tidak heran jika di Cakruk Pintar bukan hanya menumbuhkan budaya literasi (baca-tulis) melainkan juga diisi beragam kegiatan berupa pelatihan keterampilan dan lainnya.

Cakruk Pintar juga mengusung misi, menfasilitasi kebutuhan masyarakat umum dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan yang murah dan mudah, menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya belajar, warga masyarakat mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan.


Beberapa Program yang ditawarkan antara lain :
Akses Buku, Bimbingan Belajar, Pelatihan Ketrampilan Memasak  (Untuk Ibu-ibu), Pengajian entrepreneur, Perikanan (Budidaya Ikan Air Tawar), Bengkel Menulis, Ketrampilan Origami dan Cakruk Pintar Publisher.

Berbagai penghargaan telah diterima oleh Cakruk Pintar maupun Muhsin Khalida pengelola Cakruk Pintar.

Anda tertarik dengan berbagai program Cakruk Pintar atau ingin berkonsultasi dalam pengelolaan TBM? Silakan jangan ragu untuk berkolaborasi dengan Cakruk Pintar.
silakan datang ke TBM Cakruk Pintar di dusun Nologaten, gang Selada No 106 A Rt 04, RW 01, Desa Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Yogyakarta. Atau lokasinya tidak jauh dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kontak Pengelola : Email : cakrukpintar@yahoo.com / muhsinkalida@gmail.com
Telepon: 0274-7444487 / 081227444487 atau akses website : www.cakrukpintar.wordpress.com

LihatTutupKomentar